ANALISIS BUTIR SOAL
A. PENDAHULUAN
Kegiatan
pengujian instrumen dilakukan untuk manfaat dan fungsi yang telah menjadi
tujuan sebelumnya. Pengujian instrumen tes bertujuan untuk mengamati apek
kognitif pada objek tertentu.
Pengujian
instrumen tes, tidak hanya dilakukan untuk mengukur aspek kognitif. Akan tetapi
pengujian instrumen tes juga dilakukan untuk keperluan analisis terhadap
butir-butir soal yang telah dibuat tersebut. Tujuannya adalah untuk mengkaji
dan menelaah setiap butir soal agar diperoleh soal yang bermutu sebelum soal
digunakan. Di samping itu, tujuan analisis butir soal juga untuk membantu
meningkatkan tes melalui revisi atau membuang soal yang tidak efektif, serta
untuk mengetahui informasi diagnostik pada siswa apakah mereka sudah/belum
memahami materi yang telah diajarkan.
Pada
pembahasan ini, penguji bermaksud menginterpretasikan hasil analisis instrumen
tes yang sebelumnya telah penguji susun. Instrumen tes berupa soal pilihan
ganda. Instrumen tersebut telah diujikan kepada siswa/i SMP kelas
8, SMP St.Antonius.
Pada
instrumen tes, penguji menyusun
instrumen, mengadakan pengujian, dan melakukan analisis terhadap butir
soal yang telah diujikan kepada rersponden. Hasilnya berupa simpulan terhadap
butir-butir soal yang telah penguji susun dan ujikan tersebut, apakah instrumen
tersebut baik untuk digunakan, direvisi, ataupun tidak dapat digunakan untuk
kegiatan penilaian.
B. PEMBAHASAN
B. PEMBAHASAN
Data
Instrumen
a. Bentuk
instrumen
Instrumen
yang penguji analisis adalah instrumen tes berbentuk pilihan ganda.
b.
Tujuan pengujian
Tujuan
dari pengujian instrumen pilihan ganda ini adalah untuk kepentingan analisis
butir soal sehingga diharapkan penguji
sebagai mahasiswa prodi kependidikan mampu membuat instrumen sebagai alat
evaluasi dengan baik.
c.
Jumlah instrumen
Jumlah
butir instrumen yang diujikan adalah 10 item
d. Bidang
instrumen
Mata
Pelajaran Kesenian dan Budaya, (salah satu mata pelajaran di SMP St.Antonius)
e. Responden
Siswa
SMP St.Antonius kelas 8.
f.
Kisi-kisi soal
Kisi-kisi
instrumen pilihan ganda dari tes ini adalah sebagai berikut:
KISI-KISI PENULISAN SOAL
No. Urut
|
Standar Kompetensi
|
Materi
Pokok
|
Indikator
|
Bentuk
Tes
|
Nomor
Soal
|
1
|
Mendeskripsikan keragaman proses
berkarya seni rupa Nusantara.
|
-
Ragam proses karya seni rupa
Nusantara dua dan tiga dimensi.
Apresiasi proses karya seni rupa
Nusantara.
|
Mendeskripsikan
beragam proses berkarya seni rupa nusantara yang bersifat dua dan tiga
dimensi.
|
Pilihan
ganda
|
6, 8
|
Mengidentifikasi
beragam proses berkarya seni rupa nusantara.
|
Pilihan
ganda
|
1, 7
|
|||
2
|
Mendeskripsikan
tentang keragaman musik Nusantara.
|
-
Apresiasi karya musik Nusantara.
|
Menjelaskan
beragam karya musik nusantara sesuai instrumen musik yang digunakan.
|
Pilihan
ganda
|
4
|
Mengidentifikasi
unsur-unsur musik
|
Pilihan
ganda
|
2, 9
|
|||
3
|
Mendeskripsikan
tentang keragaman tari Nusantara.
|
Keragaman tari daerah
|
Menjelaskan
ciri khas tari daerah lain.
|
Pilihan
ganda
|
3, 10
|
Mengetahui
jenis-jenis tari daerah lain.
|
Pilihan
ganda
|
5
|
g. Konstruksi
Soal
Pilahan
berganda
Nama : ………………………………………..
NIS :
………………………………………..
Matadiklat : Kesenian dan Budaya
Kelas : ………………………………………..
Petunjuk pengisian.
- Bacalah soal dengan teliti sebelum
anda menjawabnya!
- Pilihlah satu jawaban yang paling
tepat!
- Beri tanda cross (X) pada
alternative jawaban di lembar jawaban yang tersedia sesuai dengan jawaban yang
anda pilih!
1. Proses kreatif didahului dengan tahap …..
a. penyelesaian c. persiapan
b. pengolahan d. inspirasi
2. Hal
yang menyangkut panjang pendek nada disebut …..
a. harmoni c. sukat
b. ketuk d. irama
(ritme)
3. Jenis
musik yang dihasilkan dari tubuh penari itu sendiri disebut musik …..
a. ritem c. internal
b. eksternal d. gamelan
4. Alat
musik akordeon, gong, rebana, dan biola digunakan pada seni musik …..
a. Tarawangsa c. Orkes melayu
b. gambang
kromong d. gambus
5. Jenis
tari yang berkaitan erat dengan penyebaran agama Islam adalah tari …..
a. pendet c. jaipong
b. zafin d.
molulo
6. Tutup
celup merupakan prinsip utama dalam karya seni .....
a. Menganyam c. Membatik
b. Menenun d. Membordir
7. Proses
yang paling tepat untuk membuat kaya benda Kris adalah .....
a. Menempah c. Membentuk
b. Mengukir d. Mengecor
8. Faktor
yang tidak mempengaruhi proses kreatif adalah .....
a. Lingkungan c. Sarana
b. Bakat
d. Publikasi
9. Kuat
lemah nada suatu lagu/ musik disebut .....
a. Irama c. Birama
b. Harmoni
d. Paranada
10. Tari
yang kostumnya diilhami gambaran serdadu Belanda adalah tari .....
a. Jaipong c. pendet
b. Dolalak d.
Malinting
h. Waktu
dan tempat pengujian instrumen
Pengujian
instrumen dilaksanakan pada 11 Nopember 2011, berlokasi di SMP St.Antonius,
ruang 10.
i. Kunci
jawaban
Kunci
Jawaban
No
|
Jawaban
|
No
|
Jawaban
|
1
|
C
|
6
|
C
|
2
|
D
|
7
|
A
|
3
|
C
|
8
|
D
|
4
|
C
|
9
|
C
|
5
|
B
|
10
|
B
|
j. Tabulasi
data hasil pengujian
No | Responden | Soal ke- | Jlh. | |||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | |||
1 | Amey | 1 | 0 | 1 | 1 | 1 | 0 | 0 | 1 | 0 | 0 | 5 |
2 | Andi | 0 | 1 | 0 | 0 | 0 | 1 | 0 | 1 | 0 | 0 | 3 |
3 | Andre | 0 | 1 | 1 | 0 | 0 | 1 | 1 | 0 | 1 | 1 | 6 |
4 | Bella | 0 | 0 | 1 | 1 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 1 | 3 |
5 | Beni | 1 | 0 | 0 | 1 | 0 | 0 | 1 | 0 | 1 | 0 | 4 |
6 | Budi | 0 | 1 | 0 | 1 | 1 | 1 | 0 | 1 | 0 | 0 | 5 |
7 | Caca | 0 | 1 | 0 | 0 | 0 | 0 | 1 | 0 | 0 | 1 | 3 |
8 | Diana | 0 | 0 | 1 | 0 | 1 | 0 | 0 | 1 | 1 | 0 | 4 |
9 | Dodi | 1 | 0 | 0 | 1 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 1 | 3 |
10 | Doni | 1 | 1 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 1 | 1 | 4 |
11 | Marko | 0 | 1 | 0 | 1 | 1 | 1 | 0 | 1 | 1 | 0 | 6 |
12 | Nanci | 1 | 0 | 0 | 0 | 0 | 1 | 1 | 1 | 0 | 0 | 4 |
13 | Osen | 0 | 0 | 1 | 0 | 0 | 1 | 0 | 0 | 1 | 0 | 3 |
14 | Putri | 1 | 1 | 0 | 0 | 0 | 1 | 1 | 0 | 0 | 1 | 5 |
15 | Rani | 0 | 0 | 1 | 1 | 0 | 0 | 0 | 1 | 1 | 0 | 4 |
16 | Roni | 0 | 0 | 0 | 1 | 0 | 0 | 1 | 1 | 0 | 0 | 3 |
17 | Susi | 0 | 1 | 1 | 1 | 0 | 1 | 1 | 0 | 1 | 0 | 6 |
18 | Tina | 0 | 0 | 1 | 0 | 0 | 1 | 0 | 1 | 0 | 1 | 4 |
19 | Tono | 1 | 0 | 0 | 1 | 1 | 0 | 0 | 1 | 1 | 0 | 5 |
20 | Yohana | 1 | 1 | 0 | 0 | 0 | 0 | 1 | 0 | 0 | 0 | 3 |
Jumlah | 8 | 9 | 8 | 10 | 5 | 9 | 8 | 10 | 9 | 7 | 83 |
2. Analisis Butir Soal
Metode analisis yang penguji gunakan pada pengujian ini adalah analisis secara klasik, yaitu proses penelaahan butir soal melalui informasi dari jawaban peserta didik guna meningkatkan mutu butir soal yang bersangkutan dengan menggunakan teori tes klasik. Kelebihan analisis butir soal secara klasik adalah murah, dapat dilaksanakan sehari-hari dengan cepat menggunakan komputer, murah, sederhana, familier dan dapat menggunakan data dari beberapa peserta didik atau sampel kecil (Millman dan Greene, 1993: 358).
a. Analisis validitas butir
soal
Sesuai
dengan data hasil pengujian yang penguji lampirkan, penguji menganalisis
validitas butir soal dengan menggunakan metode korelasi point biserial dengan rumus sebagai berikut:
Mp :
Rata-rata dari subjek yang menjawab benar bagi item yang diuji validitasnya
Mt :
Rata-rata skor total
P :
Proporsi responden menjawab benar
q :
Proporsi responden menjawab salah
SD :
Standar deviasi
Penentuan
valid atau tidaknya item butir soal adalah dengan membandingkan hasil
perhitungan rpbi dengan r-tabel yang diperoleh dari tabel r korelasi
untuk n (jumlah item soal).
Dengan
ketentuan:
-
rpbi
> r-tabel butir soal dianggap valid
-
rpbi
< r-tabel butir soal dianggap tidak valid (Ni Putu Wiwik
Suwarnayanti, 2009)
Pada pengujian ini, jumlah butir soal (n) 10 butir sehingga
r-tabel diperoleh 0.576.
1) Data analisis validitas butir soal dari program
microsoft excel
Analisis digunakan dengan menggunakan rumus korelasi point biserial
sebagai berikut:
Mp :
Rata-rata dari subjek yang menjawab benar bagi item yang diuji validitasnya
Mt :
Rata-rata skor total
SD :
Standar deviasi
P :
Proporsi responden menjawab benar
q :
Proporsi responden menjawab salah
Berdasarkan data yang
diperoleh dari tabel hasil pengujian dsn bersesuaian dengan rumus di atas,
diperoleh data validitas sebagai berikut:
Tabel Perhitungan Validitas Tes dengan Rumus Korelasi Product Moment Person | |||||||||||
No | Keterangan | Soal ke- | |||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | ||
1 | Mp | 4,125 | 4,556 | 4,375 | 4,400 | 5,000 | 4,667 | 4,250 | 4,300 | 4,667 | 4,000 |
2 | Mt | 4,150 | 4,150 | 4,150 | 4,150 | 4,150 | 4,150 | 4,150 | 4,150 | 4,150 | 4,150 |
3 | Sd | 1,090 | 1,090 | 1,090 | 1,090 | 1,090 | 1,090 | 1,090 | 1,090 | 1,090 | 1,090 |
4 | p | 0,400 | 0,450 | 0,400 | 0,500 | 0,250 | 0,450 | 0,400 | 0,500 | 0,450 | 0,350 |
5 | q | 0,600 | 0,550 | 0,600 | 0,500 | 0,750 | 0,550 | 0,600 | 0,500 | 0,550 | 0,650 |
6 | r-pbi | 0,259 | 0,677 | 0,463 | 0,593 | 0,689 | 0,778 | 0,361 | 0,493 | 0,778 | 0,141 |
7 | r-kritis | 0.423 | 0.423 | 0.423 | 0.423 | 0.423 | 0.423 | 0.423 | 0.423 | 0.423 | 0.423 |
8 | Status | Gagal | Valid | Valid | Valid | Valid | Valid | Gagal | Valid | Valid | Gagal |
2)
Kesimpulan
analisis validitas butir soal
Berdasarkan
analisis yang dihitung menggunakan program microsoft
exel diperoleh simpulan data sebagai berikut:
Tabel
Validitas Butir Soal
No. Soal | r-pbi | r-kritis | Status |
1 | 0,259 | 0,423 | Gagal |
2 | 0,677 | 0,423 | Valid |
3 | 0,463 | 0,423 | Valid |
4 | 0,593 | 0,423 | Valid |
5 | 0,689 | 0,423 | Valid |
6 | 0,778 | 0,423 | Valid |
7 | 0,361 | 0,423 | Gagal |
8 | 0,493 | 0,423 | Valid |
9 | 0,778 | 0,423 | Valid |
10 | 0,141 | 0,423 | Gagal |
Dari
data di atas di ketahui
-
butir soal valid : 7 butir
-
butir soal tidak valid : 3 butir (soal nomor
1, 7, dan 10)
b. Uji Reliabilitas Instrumen
Tujuan utama menghitung reliabilitas skor tes adalah
untuk mengetahui tingkat ketepatan (precision) dan keajegan (consistency) skor
tes. Indeks reliabilitas berkisar antara 0 ‐1. Semakin tinggi koefisien
reliabilitas suatu tes (mendekati 1), makin tinggi pula keajegan/ketepatannya. Apabila indeks realibilitas >
0,7 soal dianggap telah reliabel. (Dr. Nana Sudjana, 2009)
Reliabilitas dapat dihitung
dengan banyak cara. Di dalam analisis ini penguji menggunakan metode Kuder Richadson (KR-20), sebagai
berikut:
r11
: reliabilitas soal
p : proporsi subjek menjawab item benar
q : proporsi subjek menjawab item salah
s : standar deviasi
n : jumlah item butir soal
Uji
realibilitas dilakukan hanya pada butir soal yang valid. Sesuai dengan hasil
pengujian (terlampir), dapat disajikan data sebagai berikut:
s = 1,45
sigma pq = 1,21
n = 7
= 0,50
Dengan
demikian disimpulkan bahwa soal yang telah diuji tersebut tidak reliabel.
c.
Tingkat Kesukaran (TK)
Tingkat
kesukaran soal adalah peluang untuk menjawab benar suatu soal pada tingkat
kemampuan tertentu yang biasanya dinyatakan dalam bentuk indeks. Indeks tingkat
kesukaran ini pada umumnya dinyatakan dalam bentuk proporsi yang besarnya
berkisar 0,00 ‐ 1,00
(Aiken (1994: 66). Semakin besar indeks tingkat kesukaran yang diperoleh dari
hasil hitungan, berarti semakin mudah soal itu.
TK =
Klasifikasi
tingkat kesukaran soal dapat dicontohkan seperti berikut ini.
0,00 ‐ 0,30
soal tergolong sukar
0,31 ‐ 0,70
soal tergolong sedang
0,71 ‐ 1,00
soal tergolong mudah
(Dr. Nana Sudjana: 2009)
Dari hasil pengujian diperoleh
klasifikasi kesukaran butir soal sebagai berikut:
Tabel
8. Klasifikasi kesukaran butir soal
No. Soal | n | n/N | Status |
1 | - | - | - |
2 | 9 | 0,45 | Sedang |
3 | 8 | 0,4 | Sedang |
4 | 10 | 0,5 | Sedang |
5 | 5 | 0,25 | Sukar |
6 | 9 | 0,45 | Sedang |
7 | - | - | - |
8 | 10 | 0,5 | Sedang |
9 | 9 | 0,45 | Sedang |
10 | - | - | - |
Berdasarkan data di atas, dari butir soal yang sudah valid diketahui:
-
Butir
soal dengan tingkatan sukar : 1 butir
-
Butir
soal dengan tingkatan sedang : 6
butir
-
Butir
soal dengan tingkatan mudah : 0
butir
-
Total :
7 butir
d. Daya
Pembeda (DP)
Daya
pembeda soal adalah kemampuan suatu butir soal dapat membedakan antara siswa
yang telah menguasai materi yang ditanyakan dan siswa yang tidak/kurang/belum
menguasai materi yang ditanyakan. Manfaat daya pembeda butir soal adalah
seperti berikt ini.
1)
Untuk meningkatkan mutu setiap
butir soal melalui data empiriknya. Berdasarkan indeks daya pembeda, setiap
butir soal dapat diketahui apakah butir soal itu baik, direvisi, atau ditolak.
2)
Untuk mengetahui seberapa jauh
setiap butir soal dapat mendeteksi/membedakan kemampuan siswa, yaitu siswa yang
telah memahami atau belum memahami materi yang diajarkan guru.
Apabila
suatu butir soal tidak dapat membedakan kedua kemampuan siswa itu, maka butir
soal itu dapat dicurigai "kemungkinannya" seperti berikut ini:
1)
Kunci jawaban butir soal itu
tidak tepat
2)
Butir soal itu memiliki 2 atau
lebih kunci jawaban yang benar
3)
Kompetensi yang diukur tidak
jelas
4)
Pengecoh tidak berfungsi
5)
Materi yang ditanyakan terlalu
sulit, schingga banyak siswa yang menebak
6)
Sebagian besar siswa yang
memahami materi yang ditanyakan berpikir ada yang salah informasi dalam butir
soalnya
Indeks
daya pembeda setiap butir soal biasanya juga dinyatakan dalam bentuk proporsi.
Semakin tinggi indeks daya pembeda soal berarti semakin mampu soal yang
bersangkutan membedakan warga belajar/siswa yang telah memahami materi dengan
warga belajar/peserta didik yang belum memahami materi. Indeks daya pembeda
berkisar antara ‐1,00
sampai dengan +1,00. Semakin tinggi daya pembeda suatu soal, maka semakin
kuat/baik soal itu. Jika daya pembeda negatif (<0) berarti lebih banyak
kelompok bawah (warga belajar/peserta didik yang tidak memahami materi)
menjawab benar soal dibanding dengan kelompok atas (warga belajar/peserta didik
yang memahami materi yang diajarkan guru).
Untuk
mengetahui daya pembeda soal bentuk pilihan ganda adalah dengan menggunakan
rumus berikut ini.
DP = daya pembeda soal,
BA = jumlah jawaban benar pada kelompok atas,
BB = jumlah jawaban benar pada kelompok bawah,
N=jumlah siswa yang mengerjakan tes.
0,40 ‐ 1,00 soal diterima baik : A
0,20 ‐ 0,29 soal diperbaiki :
C
0,00 ‐ 0,19 soal tidak dipakai/dibuang : D
Tabel 9. Daya pembeda soal
No Soal | BA | BB | DP | status |
1 | tidak valid | - | - | - |
2 | 8 | 4 | 0,400 | A |
3 | 7 | 4 | 0,300 | B |
4 | 8 | 7 | 0,100 | D |
5 | 6 | 4 | 0,200 | C |
6 | 6 | 5 | 0,100 | D |
7 | tidak valid | - | - | - |
8 | 7 | 6 | 0,100 | D |
9 | 4 | 1 | 0,300 | B |
10 | tidak valid | - | - | - |
Dari
data di atas, dari 26 soal yang sudah valid diketahui:
-
Soal diterima : 1 butir
-
Soal diterima dan direvisi : 2 butir
-
Soal direvisi : 1 butir
-
Soal tidak diterima : 3 butir
-
Total :
7 butir
e.
Keefektifan
Pengecoh
Penyebaran
pilihan jawaban dijadikan dasar dalam penelaahan soal. Hal ini dimaksudkan
untuk mengetahui berfungsi tidaknya jawaban yang tersedia. Suatu pilihan
jawaban (pengecoh) dapat dikatakan berfungsi apabila pengecoh:
1)
Alternatif
jawaban 5 buah (a, b, c, d, dan e) paling tidak dipilih oleh 4 - 5 %
peserta tes/siswa,
2)
Alternatif
jawaban 4 buah (a, b, c, dan d) paling tidak dipilih oleh 2 - 3 %
peserta tes/siswa,
3)
lebih banyak dipilih oleh kelompok
siswa yang belum paham materi.
Analisis soal yang penguji ujikan kepada responden telah penguji lampirkan pada
laporan analisis butir soal ini. Secara singkat keefektifan pengecoh dari
analisis butir soal tersebut adalah sebagai
berikut:
Ket | Alternatif jawaban | |||
a | b | c | d | |
Jlh | 2 | 1 | 8 | 3 |
% | 8 | 4 | 32 | 12 |
status | efektif | efektif | kunci | efektif |
Jlh | 5 | 2 | 3 | 9 |
% | 20 | 8 | 12 | 36 |
Status | efektif | efektif | efektif | kunci |
Jlh | 2 | 4 | 8 | 3 |
% | 8 | 16 | 32 | 12 |
Status | efektif | efektif | kunci | efektif |
Jlh | 6 | 5 | 2 | 10 |
% | 24 | 20 | 8 | 40 |
Status | efektif | efektif | efektif | kunci |
Jlh | 3 | 5 | 2 | 4 |
% | 12 | 20 | 16 | 16 |
Status | efektif | kunci | efektif | efektif |
Jlh | 2 | 3 | 9 | 5 |
% | 8 | 12 | 36 | 20 |
Status | efektif | efektif | kunci | efektif |
jlh | 8 | 2 | 0 | 2 |
% | 32 | 8 | 0 | 8 |
Status | 128 | efektif | tidak | efektif |
Jlh | 2 | 0 | 5 | 10 |
% | 8 | 0 | 20 | 40 |
Status | efektif | tidak | efektif | kunci |
jlh | 2 | 5 | 9 | 3 |
% | 36 | 20 | 12 | |
Status | efektif | efektif | kunci | efektif |
jlh | 4 | 7 | 3 | 5 |
% | 16 | 28 | 12 | 20 |
Status | efektif | kunci | efektif | efektif |
Kesimpulan dari hasil
analisis butir soal pilihan ganda yang penguji ujikan adalah sebagai berikut:
No Soal | Validitas | Reliabilitas | Tingkat kesukaran | Daya pembeda | Distructure | Kesimpulan |
1 | tidak valid | tidak reliabel (0,50) | - | - | - | Tolak |
2 | valid | sedang | Terima | efektif | Terima | |
3 | valid | sedang | Trm & Rev | efektif | Trm & Rev | |
4 | valid | sedang | Tolak | efektif | Tolak | |
5 | valid | sukar | Revisi | efektif | Revisi | |
6 | valid | sedang | Tolak | efektif | Tolak | |
7 | tidak valid | - | - | - | Tolak | |
8 | valid | sedang | Tolak | kurang | Tolak | |
9 | valid | sedang | Trm & Rev | efektif | Trm & Rev | |
10 | tidak valid | - | - | - | Tolak |
0 komentar:
Posting Komentar